Rabu, 29 Januari 2014

Keajaiban Surtsey


Hello sobat blogger!! Kali ini saya mau post tentang Surtsey.. Ada yang tau??? Kalo gak tau dan mau tau, dibaca yuk!!!

   Kota yang tenggelam dalam laut? Benua yang hilang? Dunia cenderung untuk menganggap ringan legenda-legenda seperti itu, sehingga terjadi peristiwa pada bulan November 1963. Itulah saat nampak bekerjanya kekuatan-kekuatan yang pernah menghapus Atlantis dari permukaan bumi, tetapi secara terbalik.
   Nakhoda perahu ikan yang sedang berada di lautan yang berhadapan dengan pesisir Selatan Islandia memberitakan melalui radio kepada pangkalannya tentang munculnya awan hitam ynag berukuran besar dari permukaan laut. Kemudian para pencari ikan itu melihat ombak memukul benda hitam yang besar yang muncul secara perlahan-lahan ke ats permukaan. itulah puncak dari sebuah gunung berapi yang sedang muncul dari kedalaman lautan.

   Dalam waktu 24 jam pulau itu menjadi lebih tinggi dari atap rumah dan dalam waktu satu minggu puncaknya sudah mencapai ketinggian dua ratus kaki di atas permukaan laut. Pada saat menjelang berakhirnya kegiatan vulkanis dua tahun kemudian pulau itu sudah setinggi lima ratus kaki dan panjangnya sudah mencapai lebih dari satu mil.
   Penduduk Islandia menyebut pulau yang baru lahir itu Surtsey, mengikuti nama dewa api dalam mitologi Norwegia. nama dewa itu adlah Surtur. sekarang ini Surtsey yang dihuni oleh burung, serangga dan tumbuh-tumbuhan meruapakan bukti bahwa tanah yang baru bisa timbul dari dasar lautan, sama cepatnya seperti daratan yang lama dapat tenggelam ke dalam alam legenda.


Nah itu dia sobat ceritanya!!!! Semoga bermanfaat!!! salam hangat bagi yang membaca!!! Jangan lupa share oke!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar